Kegiatan Verifikasi Seksi Ekonomi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka

 



Pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 telah dilakukan verifikasi pembukuan Seksi  Ekonomi bertempat di kantor Persit Kartika Chandra Kirana Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka. Verifikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, dan perhitungan uang. (https://kbbi.web.id/verifikasi). 

Verifikasi dilakukan sebagai bentuk pencegahan terjadinya penyimpangan yang dapat merugikan lembaga, memastikan kelengkapan, kebenaran dan validitas dokumen keuangan, serta memastikan proses perencanaan dan pelaksanaan telah sesuai dengan ketentuan.


Kegiatan verifikasi pembukuan Seksi Ekonomi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka dilakukan sebagai salah satu bentuk pengawasan pengecekan dokumen keuangan organisasi Persit secara administratif sesuai dengan pedoman dan kriteria yang berlaku dalam organisasi Persit. Selain itu, tujuan  dari  verifikasi ini agar tidak terjadi kesalahan dalam penyerahan baik dokumen keuangan maupun administrasi lainnya sebagai pedoman kepada pengurus yang baru. Untuk itu, Ny. Slamet Raharjo sebagai ketua tim verifikasi dari urusan Organisasi beserta anggota tim verifikasi yaitu Ny. Dwi Hertanto dari urusan Personalia dan Serma Abdul Rahim juru bayar Rindam XIII/Merdeka melakukan pemeriksaan satu-persatu pembukuan baik data maupun keuangan.


Dalam Buku Petunjuk Administrasi Keuangan Bendahara dan Seksi Ekonomi Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2018 yang disahkan berdasarkan surat keputusan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2018  Nomor : Skep/23/II/2018 disebutkan bahwa administrasi keuangan urusan usaha dilaksanakan dengan menggunakan beberapa jenis buku dan kartu diantaranya  yaitu; buku kas dan buku pembantu yang terdiri dari buku tunai,buku bank, buku piutang, buku hutang, buku pengawasan pinjaman modal usaha, buku pembelian, buku penjualan, buku persediaan barang, buku barang titipan, dan beberapa kartu seperti kartu barang, kartu piutang, kartu hutang dan kartu pinjaman modal usaha.


Sedangkan administrasi keuangan urusan perkoperasian menggunakan jenis buku dan kartu seperti buku kas, buku simpanan, buku pinjaman, buku pengawasan simpanan, buku pengawasan pinjaman, buku bank, buku tunai serta beberapa kartu seperti kartu simpanan dan kartu pinjaman. Namun demikian buku yang harus ada adalah buku Kas dan Buku Tunai, untuk buku lainnya boleh ditiadakan karena tidak mempengaruhi penilaian bila ada lomba administrasi. Buku-buku pembantu hanya sebagai pertimbangan untuk memudahkan pembuatan laporan administrasi keuangan dan kekayaan (Buku Administrasi Keuangan, hal 4 2018)


Setelah selesai pelaksanaan verifikasi selanjutnya penyerahan buku-buku Ekonomi dari Ny. Sukrianto sebagai Ketua Seksi Ekonomi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka yang lama kepada Ny. Abdul Rajab sebagai Ketua Seksi Ekonomi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka sementara.

 

                                                                                                                                                                   

Comments

Popular posts from this blog

Opini Media Indonesia Februari 2023

Refleksi Diri