Tuanku Imam Bonjol dan Sulawesi Utara


Makam Tuanku Imam Bonjol 




Imam Bonjol adalah salah satu pahlawan nasional yang gambarnya tertera di uang lembaran 5.000 rupiah yang dikeluarkan pada tahun 2001. Beliau adalah pahlawan nasional yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. Nama aslinya adalah Muhammad Shahab. Seorang ulama yang pemimpin Perang Padri untuk menentang penjajahan Belanda di bumi Minangkabau pada abad ke-19. Tuanku Imam Bonjol diasingkan oleh Belanda ke bumi Minahasa Sulawesi Utara. Dalam pengasingan beliau wafat dan dimakamkan di Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.



Saat kami melintasi jalan raya Pineleng, dari Manado menuju Tomohon, Alhamdulilah dapat menyempatkan diri mampir untuk berziarah ke makam Tuanku Imam Bonjol. Makam tersebut berada di sebuah bangunan berbentuk rumah adat Minangkabau. Dalam batu nisan tertulis:

“Peto Syarif Ibnu Pandito Bayanuddin bergelar Tuanku Imam Bonjol Pahlawan Nasional. Lahir tahun 1774 di Tanjung Bungo/Bonjol Sumatera Barat, wafat tanggal 6 November 1854 di Lota Minahasa, dalam pengasingan pemerintah kolonial Belanda karena berperang menentang penjajahan untuk kemerdekaan tanah air, bangsa dan negara”.







Comments

Popular posts from this blog

Kegiatan Verifikasi Seksi Ekonomi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka

Opini Media Indonesia Februari 2023

Refleksi Diri