KULINER. Tape Uli: Manisnya Warisan, Hangatnya Kasih Sayang

Image
     Tape uli adalah salah satu k ue tradisional Betawi yang memiliki kekayaan rasa sekaligus makna. P erpaduan antara uli ketan yang gurih dan tape singkong yang manis-asam. Sekilas sederhana, tetapi di dalamnya tersimpan nilai kasih sayang, kebersamaan, dan warisan budaya yang tak ternilai. Sejak dahulu, tape uli sering disajikan dalam acara keluarga, menjadi simbol kehangatan dan kerukunan. Setiap proses pembuatannya mengajarkan kesabaran, ketelitian, sekaligus cinta yang diwariskan dari generasi ke generasi. Di tengah gempuran makanan modern, menjaga tape uli berarti menjaga jati diri. Melestarikan kue tradisional ini bukan sekadar mempertahankan rasa, melainkan merawat kenangan, menghargai leluhur, serta menanamkan kebanggaan budaya pada anak cucu. Mari kita jaga warisan ini. Karena melalui sepiring tape uli, kita belajar bahwa cinta pada budaya dimulai dari hal-hal sederhana, dari meja makan keluarga, hingga ke hati yang penuh kasih.   Order Tape Uli: 08527...

Contoh Learning Journal Pelajaran Sejarah


JURNAL BELAJAR

KELAS XI ELDORADO SMA SUKMA BANGSA LHOKSEUMAWE

NAMA : _______________________

TANGGAL : _______________________


CERITAKAN PENGALAMANMU TENTANG APA YANG KAMU RASAKAN SELAMA PROSES BELAJAR SEJARAH SUKMA BANGSA 


1. Pengalaman saya selama belajar Sejarah Sukma Bangsa?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Yang saya pelajari dari Sejarah Sukma Bangsa?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3. Hal yang menyenangkan/ menarik pada pembelajaran Sejarah Sukma Bangsa?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

4. Hal yang paling tidak menyenangkan pada pembelajaran Sejarah Sukma Bangsa?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

5. Nilai- nilai yang bisa saya terapkan setelah mempelajari sejarah Sukma Bangsa?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

6. Sikap guru dalam menjalin hubungan (interaksi, komunikasi) dengan saya selama proses pembelajaran Sejarah Sukma Bangsa?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

7. Cara guru mengarahkan, membimbing, memberikan tugas kepada saya selama proses pembelajaran sejarah Sukma Bangsa?

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

8. Keterlibatan/ partisipasi saya selama proses pembelajaran sejarah Sukma Bangsa?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

9. Apakah drama memudahkan saya dalam memahami dan mengingat sejarah sekolah Sukma Bangsa?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

10. Perubahan yang saya rasakan sebelum dan sesudah mempelajari sejarah sekolah Sukma Bangsa?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

*Jurnal Belajar untuk penelitian pembelajaran Sejarah Sukma Bangsa melalui Narrative Learning dengan model drama 

Peneliti : Susan Sovia dan Youlin Afrineta

Comments

Popular posts from this blog

Berdialog Dengan Sang Pencipta

Tuanku Imam Bonjol dan Sulawesi Utara

Tari Katrili Perpaduan Budaya Minahasa Eropa